8 TIPS Bertransaksi Aman lewat ATM

Agar tidak menjadi sasaran kejahatan, sebaiknya Antum memperhatikan tips berikut saat bertransaksi dg menggunakan ATM:
8 TIPS Bertransaksi Aman lewat ATM

1. Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat keramaian, seperti di pusat-pusat perbelanjaan atau kantor-kantor yang menyediakan gerai ATM. Karena di tempat tersebut dilengkapi dengan sekuriti. Hindari penggunaan mesin ATM di tempat-tempat yang sepi. Apabila ada orang yang mencurigakan, sebaiknya batalkan untuk menggunakan ATM.
2. Pastikan di mesin tersebut dilengkapi dengan CCTV. Hal ini untuk mengantisipasi apabila antum menjadi korban di mesin ATM, pelaku bisa dikenali lewat CCTV. Bila perlu, mintalah teman atau kerabat untuk menemani.
3. Setelah yakin mesin ATM aman dan bisa digunakan, pastikan orang yang di belakang antum tidak mengintip ketika memasukkan kartu ATM. Rahasiakan kode Personal Identification Number (PIN) dengan cara menutupinya dengan tangan atau tas.
4. Hindari pengambilan uang yang berlebih, tariklah uang sesuai kebutuhan. Pelaku biasanya mengincar orang yang membawa uang cash dalam jumlah yang banyak.
5. Setelah melakukan transaksi, sebaiknya antum masukkan lagi kartu ATM dan masukkan PIN secara acak yang tidak sesuai dengan PIN, lalu batalkan proses transaksi di ATM. Hal ini untuk menghindari kemungkinan PIN tersebut masih "termemori" di mesin ATM. Beberapa pelaku menggunakan modus ini. Karena pelaku kejahatan biasanya memasukkan kartu khusus yang bisa melacak PIN.
6. Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM, jangan sampai tertinggal di mesin. Dan jangan lupa untuk menyobek struk transaksi atau bila perlu bawalah serta struk tersebut. Ini dilakukan agar orang tidak mengincar kita bila ternyata saldo kita banyak.
7. Bila kartu ATM mengalami masalah atau tertelan, jangan panik. Segera telepon call center bank ( Waspadai juga no Call Center Palsu). Mintalah call center bank untuk memblokir kartu ATM antum. jangan sampaikan no PIN ATM kpd call center manapun. Jangan juga terbujuk orang yang menawarkan bantuan antum untuk mengeluarkan kartu ATM.
8. Setelah keluar dari gerai ATM, pastikan tidak diikuti orang. Setelah yakin aman, antum bisa melakukan aktivitas lainnya dengan aman.

Comments

Popular posts from this blog

PRINSIP DAN TEKNIK IDENTIFIKASI DAMPAK LINGKUNGAN

biotek yoghurt

Mahalnya Kebersihan